PEMPEK / EMPEK-EMPEK (ADONAN DASAR)

Versi I

Sumber: Sedap Sekejap

BAHAN:
500 gram daging ikan tenggiri atau ikan gabus (pilih yang betul-betul segar)
10 sendok makan air es
2 1/2 sendok makan tepung terigu
150 gram tepung kanji
2 sendok teh garam
1/2 sendok teh vetsin

CARA MEMBUAT :
1. Haluskan ikan dengan saringan sampai lembut.
2. Masukkan air es, vetsin, dan garam. Aduk sampai lengket. Tambahkan tepung terigu dan kanji sambil diuleni hingga tidak menempel lagi ditangan.
3. Bentuk adonan sesuai dengan jenis pempek.

TIP :
1. Makin segar ikan, makin baik hasil pempek yang Anda buat. Usahakan menyimpannya dalam lemari pendingin atau freezer
2. Banyak variasi resep pempek yang ada. Yang patut diingat, semakin banyak cairan (air), makin banyak kanji yang harus ditambahkan. Biasanya, hasilnya jadi makin kenyal.
3. Bila Anda kesulitan membentuk pempek, lumuri tangan Anda dengan tepung kanji.
4. Menggoreng pempek selalu di dalam minyak panas agar pempek tidak merekat di dasar wajan. Baik sekali kalau Anda menggunakan wajan dengan bahan teflon. Menggoreng pempek sebaiknya tidak terlalu lama agar tidak pecah dan meletus.

*****

Versi II

Sumber: ???

Bahan 1:
1 kg bersih daging Ikan Tenggiri, haluskan dengan blender
200 ml air
2 butir telur

Bahan 2:
50 gram Tepung terigu
2 sendok makan garam
2 sendok teh gula pasir
4 siung bawang putih
200 ml air

Bahan 3:
800 gram tepung Sagu tani + sedikit tepung Tan Mien

Cara membuat:
1. bahan 1 dicampur dan diaduk-aduk dengan jari tangan sampai tercampur homogen. masukan kulkas, biarkan menjadi mengental.
2. Bahan 2, dicampur dan didihkan dengan api kecil sambil diaduk terus sampai mengental, dinginkan dan masukan kulkas.
3. 30 menit kemudian, Campurkan adonan bahan 1 dan bahan 2, aduk dengan jari tangan sampai tercampur rata.
4. Masukan tepung sagu kedalam campuran adonan Ikan sedikit demi sedikit, sambil diuleni dengan ujung jari tangan.
5. Adonan masih agak terasa lengket, supaya gampang dibentuk, lumuri tangan dengan sagu, ambil sesendok makan adonan dan bentuk bulat panjang. atau bisa juga dijadikan pempek kapal selam.
6. Masukan pempek yang sudah dibentuk dalam air mendidih, sampai matang (pempek akan mengapung).

*****

Versi III

Sumber: detikfood

Bahan:
1 Cangkir (1 bagian) Ikan Tenggiri Giling
1 Cangkir (1 bagian) Air putih
Garam secukupnya
2 sdm minyak goreng
Tepung kanji secukupnya

Saus Cuko:
1 kg gula merah yang bagus,potong-potong
cabai rawit sesuai selera
200 g bawang putih
3 sdm cuka putih/air asam/air jeruk nipis
garam secukupnya
2 liter air Cara Membuat:

 

 

  1. Campur ikan giling dengan air dan garam hingga benar-benar larut dan cukup asinnya.
  2. Tambahkan tepung kanji secukupnya sampai adonan bisa diuleni (banyak sedikit tepung kanji tergantung pada kekenyalan yang diinginkan). Jika suka yang kenyal bisa dipakai lebih banyak.
  3. Adonan pempek siap dibentuk sesuai selera. Untuk pempek kapal selam, ambil adonan secukupnya, bentuk seperti mangkuk, isi dengan telur ayam mentah lalu rekatkan agar tidak bocor.
  4. Rebus dalam air mendidih dengan api sedang hingga mengapung. Angkat, tiriskan. Masukkan dalam air dingin.
  5. Untuk pempek lenjer, bentuk adonan seperti silinder dan rebus sampai mengambang kemudian angkat dan masukkian dalam air dingin.
  6. Untuk andaan, ambil adonan secukupnya, tambahkan sedikit bawang goreng atau daun bawang iris seta telur, aduk rata. Bentuk adonan menjadi bola-bola dan goreng dalam minyak panas dengan api kecil hingga mengapung dan matang.
  7. Saus Cuka:
    Masak gula merah bersama air secukupnya hingga larut.
    Haluskan bawnag putih dan cabai rawit lalu tambahkan ke dalam rebusan gula dan didihkan.
    Masukkan cuka dan garam. Rebus dengan api kecil selama 1 jam hingga agak kental. Angkat dan saring.
    Sajikan bersama pempek dengan ebi yang dihaluskan.

Catatan:
Pilih ikan tenggiri yang segar dan ambil dagingnya lalu haluskan hingga serabut-serabut putih dari dagingnya terangkat.
Untuk resep tradisional ini, ukur daging tenggiri halus dalam wadah atau mangkuk. Kemudian tambahkan air sebanyak ukuran daging ikannya (misal, jika setengah mangkuk ikannya, air yang dipakai setengah mangkuk juga).
Jumlah tepung kanji yang dipakai disesuaikan dengan tingkat kekenyalan pempek yang diinginkan. Makin banyak kanji akan makin kenyal atau keras.
Secara tradisional pempek disajikan tanpa mi kuning.

*****

Versi IV (Untuk sikon di Jerman, versi Echa)

Bahan:
500 gr Rotbarschfilet atau Victoriabarschfilet atau Pangasiusfilet, dll
25 gr terigu
2 sdt garam
100 cc air
25 gr Speisestaerke *) (bisa diganti dengan maizena atau ditiadakan)
200-350 gr tapioka**)

sedikit minyak sayur untuk air rebusan

Cara Membuat:

  1. Cairkan ikan kalau membeli ikan yang beku. Mencairkannya alami saja, jangan dengan microwave. Dalam keadaan sudah tidak beku tapi masih dingin, haluskan ikan (saya biasanya pakai Küchenmaschine). Dinginkan dalam kulkas.
  2. Masukkan terigu, garam, dan air dalam panci (paling bagus panci anti lengket), buat bubur. Setelah uapnya hilang, dinginkan juga di dalam kulkas.
  3. Setelah ikan dan bubur terigu dingin, bisa mulai langkah selanjutnya. Campur ikan, bubur terigu, Speisestärke, dan tapioka hingga tercampur rata. Kalau dengan Küchenmaschine adonan yang sudah rata ditandai dengan menyatunya adonan membentuk seperti ‘gumpalan’ yang menyatu.
  4. Oh ya, sembari mengadon, jerang air yang cukup banyak untuk merebus pempek. Beri minyak sedikit airnya. Setelah air mendidih, bulatkan adonan sedikit lalu rebus. Setelah matang, cicip. Kalau perlu tambah garam atau tapioka lagi. Tapi sedikit demi sedikit tambahnya. Kira-kira 2 sdm sekali tambah, lalu giling lagi, cicip lagi:-).
  5. Setelah rasa dan kekenyalan pas, mulai bentuk pempeknya (lihat di bagian resep pempek kapal selam, lenjer, dsb). Lalu rebus hingga matang.

Catatan:

Kalau menggunakan ikan beku, rasa ikan sudah sangat berkurang. Kalau mau lebih berasa bisa menggunakan ikan ‘segar’ Victoriabarschfilet yang seperti dijual di Nordsea. Atau kalau Anda ‘kuat’ dengan baunya, bisa dikombinasikan dengan ikan makarel atau spanische makarel (ikan tenggiri). Menggunakan jenis ikan ini, lebih terasa ikannya. Perbandingannya sesuai selera masing-masing :-)

*) Kalau menggunakan Pangasiusfillet, Speisestärke bisa dihilangkan karena daging ikannya sudah cukup kenyal. Penambahan Speisestaerke akan menyebabkan pempek lebih lengket kalau digoreng.

**) Tapioka bisa dikurangi hinga 100 gram untuk memberi rasa ikan yang lebih kuat. Tapi adonan akan lebih lembek. Artinya sedikit lebih sulit untuk dibentuk. Untuk lebih mudah, tangan harus lebih sering dibalur tapioka.

*****

Pempek Udang

Sumber: Cek Lina
Porsi: 15 pempek kapal selam

Bahan:
1 kg udang segar
1 kg telur
8 ons tapioka
garam
penyedap (optional)

Cara Membuat:

  1. Bersihkan bagian kepala dan ekor udang, haluskan.
  2. Campur tepung dan bumbu lain.
  3. Uleni hingga kalis.
  4. Bentuk menjadi pempek selam.
  5. Rebus hingga matang.
  6. Angkat dan tiriskan. Goreng.
About these ads

89 Responses so far »

  1. 1

    [...] 1/2 resep adonan dasar pempek saus [...]

  2. 2

    [...] 1/2 resep adonan dasar pempek irisan ketimun saus [...]

  3. 3

    [...] 1/2 resep adonan dasar pempek 1/2 sendok teh soda kue 200 gram kulit ikan cincang halus 100 gram mi irisan ketimun saus [...]

  4. 4

    [...] 1/2 resep adonan dasar pempek 2 butir telur daun [...]

  5. 5

    [...] 1 resep adonan dasar pempek 2 buah ketimun potong kotak kecil 100 gram mi 3 sendok makan bubuk ebi saus [...]

  6. 6

    [...] BAHAN : 1/2 resep adonan dasar pempek [...]

  7. 7

    [...] 10 buah tahu pong besar, potong 2 lalu keruk bagian tengahnya hingga berbentuk mangkuk 1/2 bagian adonan dasar pempek saus [...]

  8. 8

    [...] : 1 resep adonan dasar pempek 8 butir telur ayam 100 gram mi 2 sendok makan bubuk ebi irisan ketimun saus [...]

  9. 9

    [...] 1/2 resep adonan dasar pempek 1 sendok teh soda kue CARA MEMBUAT: 1. Campurkan adonan pempek dengan soda kue lalu bentuk bulat [...]

  10. 10

    raka said,

    MAKASIH RESEP PEMPEKNYA MBAK ADN OOM….

    wong palembang yo? wong kito galo…

  11. 11

    anton said,

    wong palembang jugo yo? di palembang jg?
    salam kenal

  12. 12

    ra said,

    mo tanya kalo pempek adaan itu yang bener langsung digoreng ato direbus dulu?

  13. 13

    ejatmiko said,

    Kalau yang saya tau, namanya aja ‘adaan’, jadi ya langsung digoreng. Minyaknya banyak, tapi apinya sedang kecil aja. Kalau nggak dalamnya bisa mentah tapi luarnya udah matang:-)

  14. 14

    PIPIT said,

    mo tanya nih, dari 3 resep itu yg paling enak dan yg berhasil yg mana ? resep cukanya mana ?

    thanks ya…

  15. 15

    ejatmiko said,

    Halo Pipit, mana yang paling enak? saya sendiri nggak tau:-D. Soalnya saya membuat pempek sendiri setelah tinggal di Jerman ini. Jadi selalu pakai yang
    versi III.

    Resep Cuko ada di sini: https://bankresep.wordpress.com/2007/05/30/cuko/

  16. 16

    Siti Hazlah said,

    gimana ya bikin pempek adaan supaya bulatnya bagus dan halus? sebab klo saya bikin setelah diangkat dari penggorengan langsung keriput (gak halus)

  17. 17

    fitri said,

    thank for the recipes, mau praktekin ah…

  18. 18

    irna said,

    wah paten nih resep versi III :) aku musti pesen online dulu gula merah cap wayangnya dan baru praktek…. biar rasanya bisa mirip seperti yang kumakan dirumah Echa hehehee… thanks a lot ya resepnya

  19. 19

    tetty said,

    hhmmmm
    pempek ga ngebosenin…….
    kalo gue bilang resep yg kedua enak kali yeee
    aaaah cobaaaa yuuuuuu………..

  20. 20

    sri fatria toiba said,

    klo bikin pempek panggang caranya gimana biar tetep lembut meskipun dah dingin

  21. 21

    dino said,

    Delicious pempek.
    I like Palembang Kerupuk too.

  22. 22

    dino said,

    At this moment I live in Palembang
    Wow, nice city with wonder river

  23. 23

    [...] pempek adalah campuran antara sagu dan ikan. berbeda dengan beberapa resep yang saya rujuk, yaitu ini, ini, dan itu, tepung yang dipakai bervariasi antara sagu dan kanji. secara aku belum pernah liat [...]

  24. 24

    Debby said,

    Hmmm… gini yah. saya org Palembang lbh tepatnya di Muara Enim (stay di Jakarta), sring buat pempek. memang setiap adonan tergantung selera masing2 dalam rasa. kalau cara saya :
    1 kg ikan
    1 kg sagu (sagu tani ato sagu yg bgs krn ga menghitam bila dicampur ikan), akan lbh baik dikurangi 300gr jd total sagu utk ikan 700gr (trgantung selera sih).
    2 sdm garam
    2 1/2 mangkuk kecil air, utk takaran mangkuk yg biasa digunakan utk China or Japan rice ktika makan, ukurannya kecil (biasa buat nasi). nah kalo pas tuh 1 kg ikan sm dg 3 mangkuk (kecil) ikan, nah airnya jg bgitu 3 mangkuk aja ato 2 1/2 mangkuk.
    boleh menggunakan bawang putih (2 siung) yg udah dihaluskan utk menghilangkan amis
    cara :
    rebus dulu air dlm kuali/panci utk pempek, beri air tsb dg sdikit garam spy pempek tidak hambar (utk persiapan nti rebus pempek).
    campur air dan garam hingga larut, kemudian air garam tsb campur dg ikan, aduk hingga rata stlh itu campurkan dg sagu. aduk rata sagu dan ikan. INGAT JANGAN TERLALU LAMA DIADUK krn bisa bikin pempek jd kenyal dan keras. sejadinya bila uda rata lsg didiamkan, masukkan ke kulkas (refrigator) selama 1/2 hari atau 6 jam, adonan tanpa ditutup (silahkan lakukan kegiatan yg lain).
    kenapa didiamkan selama itu ? karena kulkas akan bikin kandungan air berkurang. nah disaat air berkurang byklah maka adonan pempek gampang dibentuk (apalagi byk yg ribut bikin pempek kapal selam susah krn sring bocor). lumuri tangan dgn sagu sering2 stiap mau bentuk adonan (lenjer, kapal selam, keriting, dsb).
    stlh itu rebus, udah mengambang lsg diangkat.
    kalau cara saya : uda menyiapkan 1 air utk merebus dan 1 lagi utk mengukus. stlh direbus kira2 ckp matang seadanya lsg diangkat dan lsg dipindahkan ke kukusan supaya rasa manis dari ikan itu sendiri tidak hilang. uda matang kemudian diangkat dan biasanya lsg dimakan (lbh suka yg tidak digoreng).
    ato bisa jg digoreng.
    karena dr awal-awal mengaduk ikan tidak trlalu lama ditangan (ga diuleni terus2an) maka hasil pempeknya jd lebih lembut.
    nti saya akan postingkan resep cukonya.

  25. 26

    Debby said,

    oya saya lupa kasih tau. ikan (biasanya ikan jenis tenggiri) tsb bila beli dan memang disiapkan utk bikin pempek maka pilihlah ikan yg segar, makin segar makin baik. minta si abang alias penjual ikan utk potong fillet (jgn buang telur ikannya, bisa dimasak yg laen).
    sesampai dirumah lsg cuci bersih kemudian haluskan.
    cara :
    kerok ikan dg sendok, jgn ambil serat putih2nya krn bikin susah aja ngehalusinya dan jgn ampe masuk tuh tulangnya.
    setelah ikan dikerok maka halusi dg blender.
    kalo mau kerjakan pekerjaan yg laen, masukkan ikan ke dalam freezer supaya tidak busuk.
    khusus utk bikin pempek keriting, bahan pirikan kuningannya cuma bisa didapatkan di Palembang (di Jakarta ada tp ga tau tempatnya dimana).
    bikin tekwan ikan lbh ribet dibandingkan bikin pempek karena harus menggunakan es dan air es dan putih telur (ah ribet dah).
    utk cuko, gula yg paling sedap itu gula batok, bukan gula aren (javanese palm sugar). gula batok hny bisa didapatkan di daerah Sumatra (Sumsel, Bengkulu, Jambi), bentuknya gede (krn dr cetakannya dr batok kelapa) dan pilihlah yg hitam.

  26. 27

    mellyjulita said,

    kalo pempek bakar gimana resepnya yach? sebelumnya thanks

  27. 29

    Dhilla said,

    kalau pempek kerupuk gimana buanya ya?

    • 30

      ejatmiko said,

      pakai resep adonan dasar ini. Terus menggunakan ‘cetakan’ khusus yang di Palembang disebut ‘pirikan’. Bentuknya seperti saringan, tapi tebal. Caranya: pirikan ditekankan pada adonan sambil agak diputar-putar. Nanti muncul kerupuknya. Agak dikumpulkan gitu, terus diambil lalu dikukus.

  28. 31

    deri karisma said,

    bikin cuka palembang yang enak gimana? yang bs kental klo mau encerin pake air gimana??

    • 32

      ejatmiko said,

      kuncinya di gula merahnya. Kandidat paling top, kalau di Palembang pakainya gula batok. Tapi kalau nggak ada, cari gula yang warnanya hitam legam.
      Trus bawang putihnya yang banyak.
      Selamat mencoba.

  29. 33

    yoenz said,

    WoowWw….
    Uuenak buanget ya..!!!
    Aq mw coba bikin pempek ah dirumah!!
    soalnya aq suka bgt pempek..!
    jadi kalo bisa bikinnya,ga usah beli,iya kan!!
    Makasih..

  30. 34

    ya, kl utk bikin cuko pempek yang enak, gulanya pake gula batok asal palembang. Ini salah satu faktor yang membuat cuko asli palembang beda dengan cuko di kota lain. resep2 yang mantap di blog ini.

  31. 35

    pempekcekma said,

    wah resep pempek.. sama dong kita sama sama penggemar pempek. Yang jelas bahan baku pembuatan pempek itu adalah ikan.. nah.. entah kenapa, ikannya yang enak untuk dibuat pempek itu ya ikan dari sungai musi. asli dari palembang. selain itu, gula merah untuk cuka itu yang paling enak dari lubuk linggau. jadi semuanya asli sumatera selatan. tidak ada yang nandingin pempek asli dari palembang. walaupun dijual di pinggir jalan tetap aja enak.. hehe..

    salam sukses selalu
    Pempek Cekma

  32. 36

    tom said,

    Tank resepnya

  33. 37

    Indah said,

    makaci resepnya!!! mau coba ni!!!

  34. 38

    wah boleh juga nieh untuk referensi resepnya…
    tank’s ya

  35. 39

    romy said,

    makasih yach ilmunya

  36. 40

    eva said,

    gimna yach menggoreng pempek supaya tidak meletuzzz, di pasuruan ada orang jualan pempek dan cara penggorengannya itu pempek dibela-bela di dalam wajan menggunakan garbu . saya sangat suka makan yang kenyal seperti pempek dan saya mau mencobanya dirumah terimakasih atas resepnya .

  37. 42

    Dwy said,

    Pingin skali bikin pempek sendiri. Ikan tenggiri itu kayak gimana? Apa sama dengan ikan cakalang ato ikan deho?Klo selain ikan tenggiri bisa pake ikan lain ga?

  38. 43

    [...] Resep Pempek Ada buanyak resep Pempek yang beredar. Beberapa diantaranya saya arsipkan di sini [...]

  39. 44

    budi r said,

    Saya mau tanya nich..! Untuk jenis ikan,selain ikan tengiri dan ikan gabus ikan apa saja yang bisa buat pempek,karena di daerah saya jarang sekali ada ikan tengiri dan gabus kalopun ada harganya lumanyan mahal buat saya,tolong dong kasih tau soalnya saya baru belajar jualan pempek dengan modal seadanya…?

    • 45

      ejatmiko said,

      Di Palembang ikan yang ada di pasar umumnya ikan air tawar. Dan daging ikan apa saja biasanya dibuat pempek. Tapi hasilnya tentu saja berbeda2, karena tiap daging ikan punya sifat (kekenyalan, rasa, bau, warna) yang berbeda. Saran saya coba anda coba membuat Pempek dengan daging2 ikan yang tersedia di sana. Mudah-mudahan ketemu yang pas ya…

  40. 46

    budi r said,

    Thanks udah di jawab,memang betul tiap ikan punya sifat yang berbeda,sekarang saya mau tanya lagi soal kuahnya nich..! Sebaiknya kuah di hidangkan masih panas atau dingin saja terus apa boleh di tambah kecap manis untuk menambah warna dari kuahnya,satu lagi nih lebih bagus mana ikan kembung,udang atau ikan teri…! Thanks untuk jawabanya..

    • 47

      ejatmiko said,

      Kalau di Palembang, kuah pempek alias cuko dihidangkan dingin, Pak. Bukan dingin dari kulkas ya, tapi maksudnya nggak dihangatkan kayak kuah bakso:-D. Biasanya disimpan dalam botol2 kaca bekas sirup ABC itu loh hehehe.
      Tentang kecap manis, dicoba aja, Pak. Kalau sedikit sebagai pewarna saja mungkin bisa. Soalnya kecap manis juga pada dasarnya gula (kandungan gulanya buanyak) kan?.
      Bagus dalam artian apa nih, Pak? Maaf saya kurang ngerti maksud pertanyaannya

  41. 48

    Mamaku asli palembang,dia jago bikin pempek,tp syng mamaku dh almarhum bbrp thn yg lalu,tiap lihat pempek rindu akan buatn pempek mamaku makin mnjdi,aku ingin skali bs bwt pempek sndiri,klo enak aku mau buka usaha,doain ya..

  42. 50

    Wulan said,

    Wah.. Jadi pengen makan pempek. Pempek memang enak banget, palembang delicious..

  43. 51

    pempekfamily said,

    wah..klu ngomongin pempek gak ada habisnya..tp yg paling penting ikannya harus berkualitas no 1 biasa sih pake ikan tenggiri tnpa ada campuran ikan lain..boleh tuh di buktiin..

  44. 52

    wuri maulana said,

    Salam Kenal,
    Saya orang asli jawa, tepatnya wonogiri. Tapi dengan makanan yang namanya “Pempek” aku sangat suka. Saya sering keluar kota, dan dimana ada pedagang Pempek saya pasti makan di sana, gak tau kenapa. Bahkan sampai ketagihan dan rela melakukan perjalanan jauh hanya kangen yang namanya Pempek. Di jogja ( Jl. Malioboro ) ada resto Pempek yang sangat jos, namanya Pempek Bu Kamto, tepatnya depannya Ramayana. Nah aku pernah nyoba bikin, tapi gatot, alias gagal total he.. he.. he.. Yang mau ngirimi aku Pempek tak Tunggu He.. he.. Semoga Allah SWT Membalas kebaikan sobat semua.. ( yang mau ngirimi aku pempek )

  45. 53

    [...] Resep Pempek Ada buanyak resep Pempek yang beredar. Beberapa diantaranya saya arsipkan di sini [...]

  46. 54

    pakaian muslim anak said,

    Lam kenal dan makasih mbak ilmunya, saya penggemar pempek dan kayaknya ini resep pempek yang paling lengkap yg pernah kulihat :), dan kalau sista sekalian pada cari pakaian muslim anak bisa mampir ke website saya atau SMS ke 0858 5263 1344

  47. 55

    e311n said,

    pempek tengiri

  48. 56

    aq suka masak n’ bikin2 makanan,, salah satu’ny empek2 ini…
    buat belajar n’ kali2 aja bisa buka usaha :-)

  49. 57

    Jhon Return said,

    Thank bgt resepnya ya… aq udah nyoba bikin dgn ikan gabus… ikan gabus di kalteng besar2 jd mudah ngerjainnya. untuk cuko nya aq pake gula merah dari barabai kalsel enak bgt… thanks ya om resepnya…

  50. 58

    Ali said,

    Semoga dengan posting agan ini akan semakin banyak yang menyukai pempek

  51. 59

    pempek said,

    resep pempek ada bbrp tergantung dari yang buat, tentunya juga menghasilkan pempek dg rasa berbeda. Pemilihan ikan menentukan sejak awal.

  52. 60

    pempek said,

    Pempek Palembang klo mau enak, resepnya/bikinnnya masing2 beda utk jenis2 pempeknya. kalo tekwan, bikinnya lebih mudah daripada pempek.

    Thanks,

    Pempek Lince
    http://www.PempekLince.com
    sms 085838123405

  53. 61

    yenneti said,

    makasih resep pempeknya, aku mau coba bikin, siapa tau enak dan bisa buka usaha jualan pempek

  54. 63

    kiki said,

    makasih banyak banyak banyak ya mas atas posting resepnya, seneng bangeat karna aq bner2 suka makan pempek… didaerahku Suhaid-Kalimantan Barat ada makanan serupa pempek, namanya Kerupuk Basah…bedanya kerupuk basah ga digoreng, akan tetapi makannya ditemani sambel kacang (kaya sambel siomay). kerupuk basah ini dibuat kaya lenjer, yg spesialnya lg, lemak ikannya yg menyatu didalam kerupuk basah itu sendiri…

  55. 64

    Ririe said,

    udah ku coba Resep versi 1 hasilnya Luar biasa lembut Pempeknya..dan Berhasi.makasi resepnyaaa… :)

  56. 65

    Reza Virly said,

    Lah kok, pake tepung terigu sih, kan kalo pake tepung terigu jadinya item adonannya-_–

  57. 66

    pempek banyak macemnya juga variasi resepnya, yg tertulis diatas merupakan salah satu resep pempek yang oke buat di coba di rumah. salam kenal dari pempek sweetheart.

  58. 67

    Aie said,

    Nyari resep empek-empek, eh ketemu di sini. Terima kasih ya, besok mau dicoba resepnya, semoga berhasil.

  59. 68

    dennik said,

    terimo ksig lah…..

  60. 69

    asri said,

    wah thx yah resepnya..
    tp stiap buat pempek..slalu aja tengahnya gak mateng..
    itu gmn yah?tolong donk tipsnya makasih

    • 70

      ejatmiko said,

      Kurang matang karena kurang lama merebusnya. Pempek lenjer (yang tanpa isi) lebih cepat matang. Tapi pempek telur membutuhkan waktu lebih lama agar telurnya matang.

  61. 71

    rahman said,

    ciamik banget

  62. 72

    sang idolla,. said,

    terimakasih atz resep’x,.
    sya akan cb,.
    klw ada resep&cara” bwt empek” lg,.
    tlng smz k’08195×90303/fb sya (sang idolla),.
    & slm knl

  63. 73

    roro batam said,

    hehehe……….
    mudah tapi ndak semurah bikin gorengan biasa ya

  64. 74

    eva said,

    klu seumpama g da ikan tenggiri,trus baikny ikan pha ya gan???soalny sya lgi di hongkong,jd kyakny susah cri ikan tenggiri dsni,,mksih sblumny,,,

    • 75

      ejatmiko said,

      Biasanya tergantung ketersediaan ikan lokal. Mungkin tanya yang sudah cukup lama tinggal di sana atau bereksperimen sendiri:). Selamat mencoba ya:)

  65. 76

    dzaki herfa muhiiba said,

    ass,.,.,
    Gini aq dzaki asli jawa tp tinggal d plg,tpt nya di lubuk linggau.
    Aq nak nanyo knapa yea setiap aq belajar buat pempek selalu tekstur pempek nya kalo dingin tu keras,trus yg benar adonan nya tu make air hangat or air es,kemdian lau tak ado ikan gbus or tengiri ga’ make jg dak papo kan.mohon bantuan nya makasih
    Wass,.,.,.,

  66. 77

    Trims resepnya,,,h+2 lebaran mo coba bikin ,unt cemilan skeluarga n jg sapa tahu ada handai taulan yg silaturahim ke rumah

  67. 78

    wiwik said,

    sipp.. tp bagaimana cara menghilangkan amis pada pempek ya? ada ngga bahan2 yg bisa ditambahkan untuk mengurangi amisnya? soalnya sy bikin beberapa kali bau amis ikannya kental sekali. tq

  68. 79

    Deni Bingal said,

    kok setelah direbus dalamnya ngga masak ya.. gimana solusinya? makasih

    • 80

      ejatmiko said,

      berarti masih kurang lama merebusnya. Setelah mengapung tunggu dulu beberapa saat. Pempek telur lebih lama matangnya daripada pempek lenjer. Selamat mencoba.

  69. 81

    Diwaktu ku masih kecil . . . ini di Lampung,
    empek-empek Palembang berisi taoge, digoreng, dimakan dengan cuko. Yang anda semua diskusikan selama bertahun-tahun ini, di Lampung awak kito bilang ‘otak-otak’.

  70. 82

    sri rahmawati said,

    Memang dasar lidah palembang’ biarpun tinggal diluar negeri maseh jugo kepengan mkn pempek.

  71. 83

    pulau tidung said,

    mantap kali artikelnya sangat membantu sekali untuk saya cara membuat makalah contohnya markahnya juga sangat jelas penerangan terimaksih untuk informasinya semoga sukses selalu sobat terimakasih untuk mau berbagi informasinya

  72. 84

    Try Ady arief said,

    pempek makanan jajanq waktu aq masih sekolah SD tepatnya di lampung.,.,.skrg aq di PEKAN BARU,.,jadi kalau aq kepingin makan mpempek dah bisa bkin sendiri dan hasilnya lumayanlah ,.,mpekpek awak suko,.,.,.,

  73. 85

    wiwien said,

    the best your resep. I like it! !!

  74. 86

    lidah wong kito mang susah diajak kompromi kl jauh dr pempek atau cuko.. walau da mrantau ttp aja pgn yg ini. mksh ya da share resepnya. i’ll try it

  75. 87

    dian said,

    cara buat sama resep adaan gimano ? gagal terus nih

  76. 88

    anietha said,

    yang aku pengen cara membuat kuah nya kenapa ya ko bisa item gt??


Comment RSS · TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 96 other followers

%d bloggers like this: